Kamis, 09 April 2015

Bagaimana Cara Penggunanan Mesin Cetak Offset ?




Persiapan mencetak:

1. Persiapan Bahan Kertas Cetak Offset :
            Jenis kertas yang umumnya dipakai untuk Cetak Offsetseperti, HVS, BC, Art Paper, Sticker Bontak HVS, Sticker Bontak ArtPaper, Matte paper, NCR, Duplek Coated, Ivory, Samson, Hammer, dan masih banyak lainnya. disesuaikan dengan keperluan. Juga disiapkan Jumlah Kertas yang dibutuhkan, yang juga disesuaikan ukuran dan jumlah nya sesuai dengan Mesin Cetak yang akan digunakan. 

Art Paper


 
Samson Kraft







Duplek 


2. Desain Format yang akan dicetak :
            Membuat Format Desain / Gambar yang akan dibuat pada Media Cetak di Komputer. Biasanya menggunakan Program Desain Grafis seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia FreeHand. Tentu Desain yang dibuat tidak boleh asal Desain saja, tetapi harus mematuhi Spesifikasi standard Percetakan Offset supaya hasil Maksimal.
Umumnya, syarat standard Desain untuk Offset adalah sebagai berikut :
- Ukuran sesuai dengan Ukuran Cetak
- Mode Warna : CMYK
- Resolusi File : 300 dpi (Dot Per Pixels)

3. Cetak Plat:
            Hasil Desain yang sudah dibuat, yang sudah berupa file, dipindah ke mesin repro. Disini, mesin repro akan mensetting file desain tadi untuk di layout (ditata) sesuai dengan Spesifikasi Mesin Cetak yang akan digunakan. Mesin Repro akan memecah warna dari File Desain tadi menjadi Warna Warna Pokok sesuai dengan kebutuhan. Umumnya, bila File Desain berupa Full Colour ( Berwarna Lengkap ), akan terbagi menjadi 4 Warna Pokok, yaitu : Cyan, Magenta, Yellow, Black (CMYK). Hasil Repro tadi bisa berupa Lembaran Film Mika Bening yang sudah tercetak Gambar Desain tadi , atau bisa juga langsung tercetak di Plat Cetak ( Computer To Plate). Kalau menggunakan Lembaran Film Mika Bening, maka kita harus membuat Film tadi menjadi Plat Cetak menggunakan Mesin PlateMaker.


Proses Mencetak:
1. Plat Cetak beserta bahan kertas yang telah siap pada proses pracetak tadi lalu dipasang di Mesin Cetak Offset, dan ditempatkan di posisinya masing-masing berdasarkan fungsinya. Plat cetak dipasang di Silinder Plat yang terdapat di atas mesin, sedangkan bahan kertas dipasang pada tempat mendatar di bawah roll tersebut. Dan tinta pun dipersiapkan pula pada tempatnya (warna sesuai yang diinginkan)
2. Setelah plat cetak, bahan kertas, dan tinta siap atau terpasang, maka mesin pun dijalankan.. dan terjadilah proses cetak. Tinta bersinggungan dengan Silinder Plat yang telah terpasang Plat Cetak, dan Plat Cetak mentransfer Tinta tadi menuju Silinder Blanket. Dan kemudian Silinder Blanket yang membawa Tinta, bersinggungan dengan bahan kertas yang terpasang di Silinder Impression. Sehingga terjadilah Pemindahan Gambar Desain yang ada di plat cetak ke bahan kertas tersebut dengan tinta, dan kertas pun keluar satu persatu berisi Gambar Desain yang sudah jadi.

Proses Finishing :
Tahap ini adalah proses terakhir dari percetakan. Ada beberapa macam finishing yang umumnya digunakan sesuai dengan kebutuhan medianya.

1. Proses Potong Kertas yang sudah selesai dicetak menggunakan mesin cetak Offset, dengan tujuan untuk membagi beberapa kertas hasil cetak tadi menjadi beberapa bagian, atau bisa juga hanya sekedar untuk merapikan kertas.

2. HOT PRINT, memberikan Kertas dengan Tulisan / Gambar “mengkilat” seperti warna emas, perak, biru, merah, dsb. menggunakan Aluminium Foil yang sudah dibuatkan Matras.

3. EMBOSS, memberikan Kertas dengan Tulisan / Gambar yang berbentuk kertas yang timbul atau tenggelam akibat Matras yang di Cap ke Kertas tersebut.

4. LAMINATING / SPRAY, Kertas cetak tadi dilapisi dengan plastik / Cairan pada Kertas Cetak sehingga menimbulkan kesan Estetika tersendiri. ( Laminating Glossy, Laminating Doff, Spray UV Vernice Glossy / Doff, UV Spot, dll )

5. POND / PLONG, memotong pada kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu akibat potongan pisau Mesin Pond.

6. Dan masih banyak Lainnya semisal menjilid, jahit benang/kawat, nomerator, Lem, Lipat susun/sisip, Hardcover, Klep Kalender, Mata Ayam, dsb. tergantung keperluan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar